barongan

KESENIAN RAKYAT BARONGAN PDF Cetak

Seni Barong atau Barongan  atau Singo Barong, merupakan salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Kendal.

Tari Barong dilakukan oleh kelompok yang terdiri dari Singo Barong, yang mengambarkan keperkasaan dan kebuasan seekor singa raksasa. Biasanya berjumlah dua ekor yang mencerminkan sepasang jantan dan betina, kadang -kadang juga ditampilkan pula anak barongan. Satu barongan dimainkan oleh dua pemain, pemain depan memegang kepala yang berbentuk singa terbuat dari kayu dengan bersembunyi dibalik kain loreng-loreng menyerupai singa. Sedangkan pemain belakang bertindak sebagai ekor, dengan gerakan mengikuti pemain yang didepan.

Peranan Singo Barong secara totalitas didalam penyajian merupakan tokoh yang sangat dominan, disamping ada beberapa tokoh yang tidak dapat dipisahkan yaitu :

1.Bujangganong / Pujonggo Anom

2.Joko Lodro / Gendruwo

3.Pasukan berkuda / kuda lumping

4.Noyontoko

5.Untub.

Serta diiringin dengan gending -gending jawa dan tabuhan gamelan.

Alur cerita bersumber dari hikayat panji. Di dalam seni Barong tercermin sifat-sifat kerakyatan seperti spontanitas, sederhana, keras, kompak yang dilandasi kebenaran.

Sama dengan Tarian kuda lumping, pertunjukan singo barong umumnya dipertunjukkan pada saat saat: hajatan; khitanan, sebagai penghibur bocah yang akan disunat dan para tamu; Acara Merti Desa ( semacam perayaan ulang tahun berdirinya desa); perayaan Hari kemerdekaan; menyambut tamu kehormatan dll.

Beberapa kelompok Kesenian tradisional Singo Barong yang ada di Kendal misalnya : Group Ngudi Santoso Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel; Wahyu Laras Budoyo Desa Tawang Gempol Sewu Rowosari; Marho Rukun Desa Taman Gede Kecamatan Gemuh; Group Rangkah Mudho Desa Puguh Pegandon; Group Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung dan Group Purwo Budoyo Muda Taruna Kelurahan Langenharjo Kendal. Taruna Budhaya Mukti Desa Sidomukti KecamatanWeleri. Group Krido Singo Manggolo Desa Tejorejo Kec Ringinarum. Serta beberapa group yang tersebar diberbagai pelosok desa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s